Seandainya semua orang mempunyai kesempatan pendidikan, mungkin takkan lagi ada yang terseok di pinggir jalan. Tapi pendidikan seperti apa, pendidikan gaya bank dimana guru memuntahkan seluruh kata-kata di buku, entah lewat ucapan atau papan tulis. Dimana muridnya tinggal duduk manis dan mencatat. Sepenuhnya negatif? Nggalah, setidaknya kan ngasih penghasilan buat produsen kapur atau spidol, trus anggaran rumah tangga sekolah jadi gede deh. Dampaknya uang bangunan kian melangit, murid Cuma bisa nerima, gedenya jadi orang nrimo dan ABS, kisah ini berakhir pada semua orang hidup bahagia selama-lamanya. He..he.. sarkastik abis.
Seandainya semua orang mempunyai guru sekeren guru SMA-ku. Wah pasti keren, karena semua orang berkesempatan untuk melihat paradigma yang berbeda-beda. Guruku bilang kalau baca sesuatu, baca juga tulisan kontra-nya dari orang yang pikirannya berlawanan biar kita bias dewasa memilih. Banyak sih faktor yang mempengaruhi karakter seseorang, tapi pembukaan wawasan penting banget dan kehadiran guru2 dengan pikiran revolusioner kayanya perlu untuk ukuran SMA. Saat-saat pencarian identitas. Aku ngga inget gimana awalnya, yang jelas tiba-tiba aku udah ada kecendrungan ke arah tertentu. Bayangin aja waktu masuk SMA tahun 1998, nah pas banget dengan masa meledak-ledak, dan selain wacana reformasi ada lagi yang berdengung keras. Kebebasan informasi, buku-buku yang dulunya terlarang, kini bebas di pasaran. Dulu aku sempet kagum ama Hitler. Mulai dari SS sampai jadi pemimpin besar, tapi rasis banget aku jadi enek. Abis itu aku pindah ke pemikiran-pemikiran pembebasan. Siapa yang ngga bakal lari ke pemikiran seperti itu kalau tiap media yang lo baca isinya kebobrokan pemerintah. Mulai dari ide revolusi hingga negara yang lebih sosialis. Lagian kalau ngeliat para pendiri negara ini emang arahnya sosialis. Tapi jangan negatif thingking dulu, coba aja liat UUD’45 ‘Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara’, ‘Setiap warga negara berhak memperoleh penghidupan yang layak.’ Cukup menggambarkan keadaan negara ini ngga. Jadi inget dari zaman SD sampai SMA sering banget ngebandingin sistem kapital, komunis dan demokrasi Pancasila. Katanya ideal, tapi ya koq mayoritas masyarakatnya hidup dibawah garis kemiskinan. Jadi bingung…
Pemikiran-pemikiran yang mewarnai tulisan ternyata memiliki kecendrungan tertentu, ampe dulu sempet dipanggil Bolsyewijk muda. Dulu sih seneng aja, kesannya tuh keren. Bukan karena ngga tau artinya, tapi keren aja kedengarannya. Walau tetep aja aku ngga setuju kalo hak-hak dasar orang disamakan tanpa pandang bulu. Aku lebih setuju ama kehidupan sosialis di negara-negara Eropa Barat(belanda, perancis dkk di barat bukan ya? Wah ketauan nih ilmu buminya ancur) sekarang ini, pake pajak progresif. Jadi semakin tinggi pendapatan pajaknya juga makin gede. Kehidupan juga tenang banget ngapain jadi gila uang kalau pendapatannya bisa nyamain orang yang seharusnya berpenghasilan dibawahnya karena faktor pajak tadi. Ke kantor naik sepeda, kalau musim panas jalan-jalan ke Belgi, Perancis, Jerman. Ini sih patokan Belanda banget… Sekolah bayarannya murah. Kalau dulu sih baik-baik aja ama orang Indon, seharusnya sih sekarang masih. Tahun pertama balik aja masih dapet hadiah ti..it dari profesor di sana. Hidupnya damai banget, sama orang ngga dikenal nyapa, trus sekolah enak, tempat main banyak, taman kota, laut.. Tapi kan mereka yang menjajah Indon, siapa tau kalau kita dijajah Inggris kita ngga kaya gini(Nah lho, koq pilihannya jadi sama-sama dijajah sih?!). Ayo aja terus merekonstruksi sejarah dan berharap semuanya bisa berubah.
Cinta, cinta… kenapa aku ngga jatuh cinta ama math aja sih. Biar bisa hidup tenang, nyenengin ortu, lulus tepat waktu dan semua orang bakal bahagia. Sekarang disamping malah ada buku pergerakan mahasiswa. Jadi inget masa-masa SMA, ketika orang lain lagi belajar buat ujian aku masih terjebak dalam pesona bukunya Magnis Suseno yang mengkritik pemikirannya Marx. Maklumlah darah muda seneng yang bergejolak. Saat itu ada lagi temen yang eror di kamar, kalo dua temen yang lain rajinnya minta ampun. Temen yang satu lebih memilih bantal setidaknya kan ada temen(ngga belajar). Pengaruh kebanjiran informasi ternyata berbahaya juga, jadi merasa ilmu sekolah jauh banget dengan kondisi riil masyarakat. Jujur aja, sempat kehilangan orientasi sekolah. Orang mungkin ngeliatnya stres karena kungkungan tapi di suatu titik lost aja. Pernah juga sih hal ini disebut sebagai salah satu tantangan sekolah tradisional oleh Dewey, seorang filosof pragmatisme. Emang semuanya belum sempurna…
Sebagai obat, setidaknya untuk menyeimbangkan pemikiran, aku dipinjemin buku Syari’ati. Beda perspektif banget sih, terutama kalo barat kental dengan materialismenya. Walau ngga mutlak materialisme larinya ke atheis tapi tetep aja ada unsur yang hilang. Kalau buku-buku Iran kental nuansa (hua… lupa istilahnya) pokoknya auranya bedalah. Tapi dasar emang lagi seneng ikut tren 98-an dimana buku-buku merah membanjir, pas ditanya ama guru gimana bukunya jawabannya masih cenderung ke kutub sebelah. He..he.. murid yang satu ini memang rada nyleneh. Tapi kalo sekarang udah lebih seimbang. Masing-masing menerangkan dari paradigma yang berbeda, dan kadang dalam memilih jalan rasio ngga jalan. Dulu sih suka karena faktor kerennya aja kali, dan mungkin atmosfer panas karena penjarahan, pembunuhan dll, tapi setelah dkaji lebih dalam ada yang hilang.
Kemarin pas liat ada pameran buku, jadi beli Syari’ati yang dulu pernah diminta baca. Ternyata isinya jadi beda, maksudnya ya buku itu kan bisa senantiasa berubah sesuai kematangan si pembaca. Walau tetep ngga ada yang bisa menjamin apa maksud si pengarang itu sudah tertangkap apa belum. Jadi kangen ama guru IC…
Seandainya bapak kesasar dan menemukan blogspot ini, yuti mau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena telah mengajarkan banyak hal. Cara memandang dunia dengan lebih bersahaja dan bijak. Walau kadang jadi ketergantungan juga dan masih mencari guru sehebat bapak. Sekarang saya belajar dari semesta pak, mencoba untuk mencari tanda-tanda-Nya yang berserakan agar menjadi orang yang senantiasa bersyukur.
No comments:
Post a Comment