Kemarin aku mengobrol ama dua dosenku, dan dapat cerita cukup banyak dari berbagai buku(plus ditawarkan mau meminjam atau tidak). Ckakaka... lagi disiplin berbahasa nih, jadi aku usahakan tidak menggunakan akhiran -in, hal yang sering banget aku lakukan kalau sedang berkomunikasi secara verbal. Yaa... untuk awalan cukup tidak menggunakan -in dulu, kalau masalah banget, nih, ngga dkk nanti aja, soalnya kalau terlalu resmi, nuansanya juga mati, dan ngga enak aja kalau itu sampai terjadi.
Akhirnya jadi juga nyulik Science in Action. Dapetnya juga lucu, rada muter-muter dulu. Hari senin ceritanya mau minejm, tapi karena ngga ada di kampus, jadi mau dibawakan pada hari selasa. Nah, karena buku itu termasuk buku pegangan jadi rencananya mau dikopi dulu. Tenyata mas Ocha, yang biasa mengkopikan buku ngga keliatan batang idungnya. Alhasil, kata dosenku aku minjemnya nanti aja. Trus sorenya, aku ngomongin masalah bioenergi ama dua dosenku itu. Entah gimana ceritanya, akhirnya malah liat-liatan buku, plus aku dikasih liat gambar komik yang ada di buku Science in Action. Selesai ngobrol antah berantah yang menghabiskan waktu 1,5jam(hehe, masih jadi orang modern yang inget waktu) akhirnya aku pulang dengan membawa buku itu, dan baru hari ini mau ngopi buku yang asli.
"Lho, ngapain minjem buku ini kalau besok mau ngopi yang asli?," tanyaku.
"Buat dibaca-baca nanti malem, lumayanlah dapat introduction," jawab dosenku.
Dalem hati langsung mikir,"emang aku tampang mania buku banget ya?"
Hmm... bukunya ternyata lumayan asyik juga untuk dilahap. Ceritanya tentang membuka black box. Salah satu contoh yang dipakai adalah masalah Watson-Crick, tapi mungkin yang lebih populer adalah kasus tata surya Ptolemy-Coppernicus. Buku ini disajikan dengan gaya cerita detektif. Buat aku yang dari kecil biasa melalap buku-buku petualangan, buku ini asyik, apalagi sempet dapat dongeng dari dosen-dosenku sebagai intro. Ngga tanggung-tanggung, ada sekitar 8 buku yang kemarin dikasih lihat, mulai dari trilogi Latour, sampai asal muasal STS(Science and Technology Studies) dan kritik terhadap SCOT(Social Construction of Technology).
No comments:
Post a Comment